Fri. Aug 14th, 2020

FRONT PEMBELA ISLAM

Kalimantan Selatan

Banjir Serentak Di Tanah Laut Relawan FPI Cepat Tanggap Evakuasi Warga

2 min read

Banjir Serentak Di Tanah Laut Relawan FPI Cepat Tanggap Evakuasi Warga

Tanah Laut – Akibat hujan yang cukup deras di berbagai daerah di Kabupaten Tanah Laut selama sepekan terakhir. Membuat banjir dadakan pada hari Sabtu (11/7/20). Diketahui hujan dalam waktu sepekan ini sudah intens terjadi, dengan faktor cuaca yang berubah-ubah dengan hujan yang mendominasi, disertai dengan angin dan petir yang cukup keras terdengar.

Banjir ini seperti banjir perdana setelah beberapa puluh tahun yang lalu tidak pernah terjadi lagi Kabupaten Tanah Laut. Karena banyak daerah yang ikut terendam banjir. Seperti Desa Sarang Halang, Datu Daim, Karang Jawa, Angsau dan Sungai Riam.

Di berapa daerah ketinggian air sudah mencapai sepinggang orang dewasa. Yang mana hal ini membuat warga harus dievakusi ketempat yang lebih tinggi. Beberapa tempat penampungan ataupun dapur umum darurat telah dibuat oleh para relawan yang cepat tanggap dalam membantu para warga yang sedang terkena banjir.

Salah satu relawan yang ikut membantu mengevakusi warga yang terdampak banjir ialah dari ormas FPI (Front Pembela Islam) Tanah Laut. Dengan perahu karet, tali dan alat seadanya mereka dengan siaga langsung membantu warga untuk ke posko tanggap banjir terdekat.

“Tempat-tempat yang terdampak saat ini paling parah di Desa Atu-atu, yang mana air sudah selutuh bahkan sampai sepinggang orang dewasa. Air banjir berasal dari luapan air dan juga dibeberapa tempat memang menjadi langganan banjir” tutur Bushiri salah seorang anggota FPI.

Sekitar 250 an lebih bantuan makanan berupa nasi bungkus juga sudah disiapkan dan dibagikan oleh MPI (Mujahidah Pembela Islam) untuk warga dan relawan yang pastinya sedang sibuk mengemasi barang-barang yang bisa diselamatkan agar tidak tergenang banjir.

Sumber : Media FPI Ta-La
Penulis : Indri Y. R