Thu. Oct 1st, 2020

FRONT PEMBELA ISLAM

Kalimantan Selatan

Relawan FPI – Dari Bantu Orang Kecelakaan, Hingga Bagi Paket Gratis serta Atur Lalin Jemaah Haul Guru Sekumpul

2 min read

Daya tarik kegiatan Haul Guru Sekumpul, Al-Alimul Al-Alamah Al-Arif Billaah Al-Bahrul Ulum Al-Waliy Qutb As-Syekh Al-Mukarram Maulana, Kiai Haji Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari, setiap tahunnya dihadiri jutaan ummat jemaah dari berbagai wilayah bahkan negara lainnya.

Kepadatan lalulintas baik darat hingga udara bahkan air, menjadi alternatif para jemaah untuk menghadiri momen puncak kegiatan agama Haul Guru Sekumpul, di Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Hal tersebut, menjadi perhatian warga Kalimantan Selatan itu sendiri, untuk mensiagakan posko-posko bantuan hingga rest area, baik di tempat-tempat ibadah, SPBU, dan pinggiran jalan raya dari berbagai penjuru hingga ke wilayah pelosok-pelosok.

Ada yang menyediakan paket snack, makan minum, BBM Gratis, P3K, dan lain sebagainya, semuanya gratis demi mendukung dan membantu para jemaah Haul Guru Sekumpul setiap tahunnya.

Di tahun 2020 ini, tepatnya Haul ke 15 Abah Guru sekumpul diyakini jumlah jemaah akan membludak lebih banyak dari tahun-tahun yang telah lewat, sehingga Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Front Pembela Islam (FPI) diberbagai daerah, membuka rest area dan posko-posko bantuan.

Tepatnya di Simpang Liang Anggang, Banjarbaru, DPW FPI setempat juga membuka posko rest area pembagian paket snack gratis dengan jumlah ribuan paket.

Disampaikan Ketua DPW FPI Banjarbaru, Ali Said atau akrab disapa Bang Ali Jenggot, Sabtu, (29/2) yang memimpin langsung kegiatan di posko tersebut, tak kurang sebanyak 3.000 paket disiapkan untuk dibagikan secara gratis.

“Selain bantuan paket snack, juga disiapkan posko istirahat dengan minuman hangat seperti teh dan kopi, bagi para jemaah yang ingin istirahat sejenak, bahkan juga disiapkan Ambulance jika memang diperlukan,” tuturnya.

Bahkan pagi sekitar pukul 10.00 wita tadi, dimana keadaan cuaca gerimis, ada pengendara yang mengalami kecelakaan, dan dapat ditolong dengan bantuan P3K di posko DPW FPI, Liang Anggang, Banjarbaru.

“Simpang Liang Anggang merupakan salah satu jalur A Yani yang cukup padat, dan merupakan jalur cepat pengendara. Sempat terjadi insiden pengendara suami isteri, dan satu orang anak sekitar 7 tahunan, mengalami kecelakaan, terserempet mobil sesama jemaah haul Abah Guru Sekumpul,” terangnya.

AlhamduliLLah sang anak hanya luka lecet di tangan dan kepala, sehingga bisa tertolong dengan bantuan P3K, dan dapat kembali melanjutkan perjalanan ke Haul Abah Guru Sekumpul.

Sang motivator kegiatan sosial DPW FPI Banjarbaru tersebut juga berpesan, agar para jemaah berhati-hati di jalan, karena padatnya jalur, cuaca yang tidak menentu, serta kebanyakan pengendara yang kelelahan hingga kurang fokus.

“Hati-hati dijalan, dan manfaatkan setiap posko dan rest area untuk beristirahat sejenak memulihkan stamina serta kebugaran, dan semoga selamat sampai tujuan hingga kembali ke rumah masing-masing,” imbaunya.

InsyaAllah kegiatan DPW FPI Banjarbaru akan membantu para jemaah untuk menyiapkan posko dan snack gratis serta bantuan lainnya hingga acara puncak, yakni arus balik kegiatan Haul Abah Guru Sekumpul, yang diperkirakan akan mulai padat kembali pada subuh Senin, 2 Maret 2020, pada arus balik para jemaah, pungkasnya.

Penulis : Orie Zein Al Ghifari
Editor  : Naii & Mahlopi

Penanggung jawab redaksi : Tim Media FPI Kalsel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *